pesona bahari

Sabtu, 04 November 2017

HABATAHON

05.25
0

Jika berbicara mengenai budaya dengan kids jaman now, mungkin akan terasa hambar, biasanya mereka kurang tertarik mengenai hal-hal yang tradisional, hal tersebut  sangat bertolak belakang dengan perkembangan teknologi dan budaya modern yang kian menggerus hal-hal yang berbau jadul.


Pada dasarnya anak yang lahir di era 90an ke bawah dan berasal dari kampung halaman masih memiliki ketertarikan mempelajari dan menggunakan sebagian budaya tradisional tersebut meski berjibaku untuk mengimbangi berbagai teknologi yang membahana ini. Saya yang lahir di dareah Toba yakni di kecamatan Laguboti, desa Gasaribu Huta atau dusun Lumban Sibisuk, merasa banyak ketertinggalan dengan adat istiadat yang biasa diselenggarakan oleh kaum Batak. Di satu sisi saya  merasa orang yang beruntung karena memiliki 6 orang saudara yang lebih dewasa dan wawasan mereka lumayan untuk menjawab setiap pertayaan yang saya ajukan mengenai adat istiadat Batak.


Salah satu alasan yang menjadikan saya senang menjadi orang batak adalah adanya kejelasan silsilah dan tarombo batak. misalnya saja, saya adalah keturunan ke 14  dari Raja Pangaribuan. Setiap orang tua dari suku batak selalu mengajarkan atau memberitahu anaknya tentang silsilah tersebut, karena penting untuk tarombo / cara mengetahui hubungan kekeluargaan pada masyarakat batak.




Beberapa waktu yang lalu saya menonton sebuah video yang dikirim  oleh   teman lewat group WhatsApp, video tersebut menayangkan   tentang sekumpulan  orang    Batak   sedang melaksanakan ritual adat yakni manortor, kegiatan istiadat tersebut dilakasanakan pada tahun 1938, rentang waktu 79 tahun   ini  ternyata memiliki pergeseran budaya yang sangat signifikan. Ada banyak pergeseran budaya Batak yang dapat saya perbandingkan antara isi situasi di video tersebut dan keadaan sekarang. Baik dari segi tampilan rumah adat, pakaian  tradisional, gerakan tari dan bahkan alat musik yang dipergunakan sangat berbeda sekali antara dulu dan sekarang.


Pelaksanaan budaya di desa dan di kota juga terasa kental perbedaannya meski tujuan utamanya sama, akulturasi budaya,  permissive    serta kemajuan teknologi menjadi alasan utama terjadinya pergeseran  budaya jaman dulu dan sekarang. Di satu sisi keaslian budaya tersebut terenggut tetapi disisi lain pergeseran tersebut membuat   adanya  ketertarikan tersendiri bagi para generasi jaman now untuk menjalankan budaya tersebut.

Horas,

Roy Rommel Pangaribuan



Rabu, 20 Maret 2013

persahabatan pangeran chuy



’Gak mesti gitu juga bebek….’ Kalimat itu bukan ditujukan kepada ternak bebek, bukan juga bebek itu nama asli seseorang tapi lebih cenderung sebagai kata ganti nama teman. Kata-kata itu acap kali terdengar ketika keempat sahabat sedang kongkow yakni Tio, Anggi, Shinta dan saya (Rommel). Selain sebutan ’bebek’ banyak lagi sebutan yang terlontar ketika keempat sahabat ini bersendaugurau misalnya saja ’Cumi = untuk mempertegas kalimat ketika seseorang kurang percaya dengan perkataan seseorang, biasanya seh karna kesal’, ’Koko =    panggilan kebesaran ini diperuntukkan kepada Anggi karena emang 50 persen darahnya mengalir darah China hehe, tapi akhir2 ini panggilan ini menular kepada Tio, mungkin karna di yang paling dewasa diantara kita dan juga sebutan koko itu terdengar nyaman sekali ditelinga’, ’Simacucung = ini adalah sebutan yang penuh kasih sayang dari kita bertiga kepada koko Tio, alasan utamanya adalah karna ketampanannya apabila rambutnya diatur pada posisi spike’, ’Chuy =  kata yang aneh tapi sudah memasyarakat di bidang tongkrongan anak-anak muda,  sering gue lapaskan ketika memanggil Koko Anggi dan  Koko Tio’,’Keong = sama halnya dengan kata cumi’,’Bunga di Tepi Jurang =  kedengarannya emang aneh, di tahun 2013 masih ada panggilan bunga di tepi jurang, tapi kita biasanya menyingkatnya menjadi bunga, nah... ini lebih asyik kan. Shinta menjadi orang yang ditasbihkan menggunakan sebutan ini, ide spontan menamainya datang dari Koko Tio, dia punya alasan khusus untuk itu, yang pasti sarat dengan filosofy’, ’Pangeran chuy = sebutuan ini milik gue, emang terdengar alay tingkat dewa seh, kalo dibilang Pangeran Harry atau Pangeran Williams  gue pasti bangga banget. Lah ini Pangeran Chuy,  parah ba’ad dah..... Koko Tio dan Koko Anggi menjadi pencetus sebutan ini, hal ini masih berhubungan sama bunga plus karna gue sering melontarkan kata2 ’chuy’ setiap memanggil mereka ’.’Orang terkaya nomor tiga di cipondoh= ini juga sebutan buat gue meski kenyataannya adalah kebalikannya heheh, tapi kalimat ini sering gue lontarkan ketika gue diledekin sama mereka, biasa untuk menutupi grogi atau malu ketika kena ledek, dan ternyata bualan itu menjadi kamus yang eksis muncul ketika kita berceriwis ria’, ’Dodol = kalimat ini menjadi hak paten dari koko Tio ketika dia lagi kesal dengan yang lain’. ’Ope = kata ope  plagiat dari Veniva Narega Sinaga, berasal dari kata gope, atau pasnya gope dulu dunk......, mirip kata yang diucapkan pak Ogah ketika memalak orang dalam film si Unyil ’. Setiap ada yang ganjil yang kita lihat baik di film yang habis kita tonton atau di dunia nyata sekalipun,  pasti akan jadi tranding topik dan refrensi bahan guyonan kita berempat.

Orang yang diberkati selalu nongkong tiap hari” kutipan dari Koko Tio ini menjadi penyemangat setiap kita berencana untuk ngumpul, tidak peduli malamnya week day atau malamnya weekend, selama sudah berhasrat nongkrong langsung direalisasikan. Sevel yang merupakan singkatan dari seven eleven menjadi langganan kita untuk menghabiskan malam hari. Kedekatan antara rumah dengan Sevel Daan Mogoot menjadi alasan utama kita memilih tempat tersebut, selain itu sevel buka 24 jam, makanan dan minuman yang dijual di sana  lumayan nampol, serta tempatnya yang cozy.  Tempat lain yang suka kita tongkrongin adalah Mall yang ada di hampir seluruh wilayah Tangerang mulai dari SMS, Living World, Lippo Karawaci, Teras Kota bahkan Sarinah di Thamrin, Jakarta. Roti Bakar 88, Mc Donald, KFC serta Serabi Tangerang yang menggiurkan. Rumah Koko Tio serta Rumahnya Bunga acap kali menjadi  tempat kita untuk nongkrong.
 Koko Tio alias Simacucung

Alasan utama kita ngumpul atau nongkrong sebenarnya lumayan beragam, terkadang tidak hanya karna menghilangkan kebetean atau ketegangan selama melakukan rutinitas sehari-hari, bisa saja karna emang lagi pada  kelaperan, atau ada yang pengen curhat, terkadang membicaran hal yang berbobot seperti urusan kegiatan di Gereja, tujuan sosoal sampai masalah keluarga atau masalah pribadi ,  kadang juga kita berembuk tentang planning jalan-jalan ke tempat rekreasi yang ada di dalam kota atau keluar kota, kita telah bersepakat untuk pergi bersama nanti tour ke luar kota untuk tiga atau empat hari, merayakan tentang keberhasilan seseorang atau kebahagiaan salah  seseorang dari kita,  bahkan yang lebih spektakuler lagi adalah rencana kita untuk membangun sebuah bisnis kecil. 

 
 Koko Anggi

Semuanya berawal dari nongkrong, dari pada selalu nongkrong mengeluarkan biaya untuk jajan atau biaya entertaiment lainnya, seperti pengeluaran untuk nonton dan jalan-jalan. Salah satu dari kita mencetuskan untuk memjalankan bisnis kecil-kecilan yang setidaknya ada alasan untuk kita bisa ngumpul sekaligus dapat menghasilkan sesuatu yang berguna untuk masa depan kita nantinya. Ide cemerlang tersebut mendapat respon yang baik dari kita berempat. Meski bisnisnya masih belum berjalan tetapi kita sudah dalam proses untuk memanagenya.


 Bunga

Lupakan saja sejenak tentang bisnis, meski kita merencanakan bisnis hanya untuk iseng-iseng saja namun tetap saja menjadi sebuah tanggung jawab yang tidak boleh disepelekan, jadi ngomonginnya agak terlalu berat hehehe.... yang pasti tujuan kita membangun sebuah bisnis adalah sebagai salah satu wadah positif menyalurkan kreatifitas  ketika kita bersama.

Satu hal yang menjadi ganjil di tengah teknologi digital seperti sekarang ini adalah kita tidak memiliki photo bareng berempat, entah kenapa Si Macucung selalu punya alasan khusus untuk menolok apabila kita request photo bersama, padahal kan kita pengen kaya orang  lain, gaul gitulochh... selalu eksis pada jepretan kamera handphone.  Tetapi satu hal yang selalu melekat dalam diri Si Macucung adalah mempublikasikan keberadaan tempat nongkrong kita melalui aplikasi cek in  pada social networking Face Book. Satu persatu kita akan menjadi bagian dari program kenarsisan ini karena Si Macucung melakukan tag pada akun FB kita masing-masing. Sebenarnya seh kalo di tela’ah pasti agak narsis atau show off, tetapi untuk pergaulan dunia maya masa kini hal tersebut menjadi sebuah kewajiban atau bisa di sebut  dengan trend  budaya gaol masa kini, ingat gaul ya harus pake O, gaol gitu lockhhhh......

Kita berempat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski suka berguyon, tetapi kita saling menghargai. Ada batasan dalam candaan yang masih kita junjung tinggi, dari situ terlihat bahwa kita berempat memiliki wawasan yang luas hehehe biasa chuy.....  muji team sendiri...  tetapi memang pada faktanya hubungan itu harus dibangun dengan saling menghargai tetapi tidak juga melupakan  azas keakraban dan cita rasa canda tawa, sehingga relations dapat berjalan dengan mulus. Nah disini lah berguna yang namanya  komunikasi antar pribadi, komunikasi yang terjalin tanpa mengenal pembatas utama, tetapi masih mengindahkan norma-norma yang ada.

Tidak bisa dipungkiri kalo kita juga pernah mengalami masalah baik dari internal maupun dari eksternal pertemanan. Terkadang diantara kita ada yang merasa sentive dengan candaan yang lainnya, hal ini bisa saja terjadi karna faktor psychologi pribadi kita yang sering tidak stabil. Di sisi lain terkadang kita  pernah loss control sehingga secara tidak sengaja menyakiti perasaan yang lainnya. Hal tersebut masih tergolong manusiawi.

Hal  utama yang harus diperhatikan ketika terjadi masalah adalah bagaimana caranya menyelesaikan masalah tersebut dan bagaimana memulai sebuah hubungan setelah terjadi perselisihan tanpa memandang masalah yang pernah terjadi sebelumnya. Kalo kata kerennya mah membuka lebaran baru. Teori tersebut di atas menjadi pedoman buat kita berempat sehingga kita dapat mejaga persahabatan yang baru kita bangun sekitar 5 bulan terakhir ini.


Pangeran Chuy 

Awal dari persahabatan yang kita bangun adalah mulai dari rapat kecil ketika mempersiapkan perayaan ulang tahun GBI KIA kemudian estafet prepare acara natal yang membahana dan berlanjut  pada persiapan perayaan paskah di gereja. Komunikasi yang nyambung,  kemudian setiap kita memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga kita saling melengkapi serta dapat membangun sebuah event yang bertajuk kerohanian. Kerohanian tersebut adalah perlu digaris bawahi,  pertemanan kita mulai berangkat dari kerohanian, setiap kita telah memiliki basic pengenalan terhadap Kristus dan ajarannya sehingga setiap kita melakukan penyimpangan dalam menjalin hubungan, kita akan tersadar cepat atau lambat oleh sebuah kasih, kasih Kristus yang menjalin sebuah persahabatan di antara empat insan.








Kamis, 24 Februari 2011




Oleh : Roy Rommel Pangaribuan
Nim : 0971510599
Universitas Budi luhur
Mata Kul : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Komunikasi merupakan nafas kehidupan dalam masyarakat. Semua masyarakat yang ada di dunia ini menggunakan komunikasi dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Komunikasi adalah peristiwa penyampaian pesan dari sumber (komunikator) kepada penerima (komunikan), melalui tahapan proses, media atau alat sehingga menimbulkan efek atau pengaruh. Untuk mempermudah proses komunikasi maka manusia selalu berusaha menemukan, mengembangkan atau berinovasi dengan berbagai teori dan teknologi.

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak pula perkembangan yang terjadi dalam teknologi komunikasi. Para ahli setiap saat menciptakan berbagai sarana dan prasarana demi kelancaran komunikasi. Hal tersebut menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bagi para pengembang teknologi komunikasi karena teknologi komunikasi tersebut telah menjadi kebutuhan bagi hampir setiap manusia terutama bagi masyarakat yang tinggal pada daerah perkotaan.
Pada abad dua puluh satu ini berbagai media atau alat komunikasi dapat dijumpai dengan teknologi yang super canggih, misalnya berbagi alat elektronik (komputer, televisi, radio, telepon dan lain-lain, media cetak dan layanan internet ). Berbagai sarana komunikasi tersebut mempermudah human relations (hubungan manusia), mulai dari komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi organisasi, komunikasi publik, komunikasi lintas budaya dan kominikasi komunikasi massa.
Pengaruh positif dari perkembangan teknologi komunikasi tidak hanya dinikmati dalam hubungan manusia saja, namun berbagai bidang juga merasakan atmosfir positif dari perkembangan tersebut. Bidang ekonomi, pendidikan dan budaya, sosial, pertahanan dan keamanan bahkan politikpun menggunakan berbagai media dan alat komunikasi yang telah mengalami perkembangan pesat tersebut.

Hampir semua bidang pekerjaan mengguanakan perkembangan teknologi komunikasi, terutama pekerja atau masyarakat yang tinggal pada area metropolitan. Begitu juga dengan para pelaku public relations, pada masa sekarang ini tidak seorangpun pelaku pr yang mampu bertahan pada posisinya tanpa bantuan dari tekhnologi komunikasi.

Public relation adalah teknik menyampaikan pesan kepada publik agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan bertujuan untuk menciptakan citra positif perusahaan / produk di mata masyarakat. Public relation pada masa-masa sebelumnya, digunakan untuk orasi, diskusi, debat terbuka, kampanye, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan propaganda politik. Namun pada perkembangannya, public relation digunakan berbagai perusahaan untuk hubungan dengan masyarakat yang berkaitan pada kegiatan ekonomi seperti kegiatan promosi, pemasangan iklan, kerja sama dengan pihak lain, dsb. Selain itu, public relation juga berguna untuk mengantisipasi konflik yang terjadi pada perusahaan sebagai media penghubung agar komunikasi antarpihak yang berkonflik berjalan dengan baik.

Perkembangan teknologi memudahkan aktivitas public relation. Jika dahulu public relation harus dilakukan langsung di hadapan publik, yang mana seorang penyampai pesan berdiri di tengah khalayak ramai, kini hal seperti itu tidak perlu. Melalui media massa, baik cetak (koran, majalah, tabloid, poster, pamflet, dll) maupun siaran (televisi, radio, video), kegiatan public relation justru lebih efektif dilakukan. Jangkauan audience lebih luas dan pesan yang tersampaikan pada masyarakat juga lebih beragam dalam satu waktu. Dan dengan adanya internet, public relation dapat dilakukan secara online di dunia maya melalui email, chatting, web pages, blog, dsb.

Penggunaan internet sebagai media komunikasi dalam kegiatan pr menuntut pengetahuan dan kreativitas yang tinggi. Pangsa pasar dalam penggunaan internet tersebut adalah kalangan yang berpendidikan menengah keatas dan umumnya bertempat tinggal pada area perkotaan. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh perhatian sebagian besar masyarakat perkotaan, supaya masyarakat yang sudah terbiasa dengan perkembangan teknologi, tertarik untuk menerima informasi dari pelaku pr.

Hal penting yang harus pelaku pr perhatikan dalam menggunakan teknologi komunikasi yang sedang berkembang ini adalah menggunakan teknik yang lebih kompleks dan lebih kreatif seperti annual reports, press releases, telekonferensi, news conference, konferensi pers, advertorial, public tour, atau orasi langsung. Teknik public relation ini juga dipengaruhi siapa dan bagaimana target audience, tergantung dari interest audience yang dimaksud. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana bentuk pesan yang disampaikan. Semakin beragam target audience yang dituju, maka teknologi penyampaian pesan pun harus semakim tinggi sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Ada beragam kemajuan dan perkembangan dalam ilmu PR. Perkembangan ini tak hanya terjebak dalam teori. Akan tetapi juga pada segi praktek. Penggunaan teknologi membuat keduanya bisa menyampaikan informasi ke khalayak, lebih luas dan lebih baik.

Beragam alat dan teknologi pada intinya memang dibutuhkan PR agar apa yang mereka buat menjadi lebih efisien dan efektif. Sejak awal tahun 1990, ketika PR menjadi bidang yang profesional, press releases, press kit ataupun pitc letter menjadi alat yang dominan digunakan praktisi PR. Press Releases misalnya merupakan hal yang berguna untuk menyampaikan berita ke editor atau reporter di media cetak. Pitch letter digunakan untuk mencakup khalayak yang lebih intensif dari cerita berdasar fakta, karena ia berisi hal-hal eklusif. Dalam press kit biasanya sudah ada cover letter dan juga press release yang memuat beragam informasi yang akan dipromosikan dan beberapa hal yang mendukung apa yang dipromosikan seperti brosur, foto ataupun biografi.

Walaupun press releases, press kit dan pitch letter menjadi alat yang dominan dalam perkembangan dunia PR. Akan tetapi, sekarang ini, perkembangan teknologi membuat munculnya alat PR baru seperti video, audio dan komunikasi komputer. Alat-alat hasil perkembangan teknologi ini mampu menjangkau khalayak sangat luas dimana dahulu itu dianggap mustahil. Ada beberapa perkembangan teknologi pada dunia PR, diantaranya munculnya teknologi baru seperti di bidang press releases seperti munculnya video news releases (VNR), webcast, dan satelit media tours (SMT).

Internet Public Relations (E-PR) ataupun cyber public relation adalah inisiatif PR atau public relation yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya. Saat ini, para pebisnis banyak yang menggunakan E-PR, karena menggunakan media elektronik seperti internet untuk membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan publik audiens.Ribuan one-to-one relation dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif. Berbagai perkembangan teknologi yang dapat dipergunakan pelaku pr dalam melakukan kegiatannya adalah :

1. Web
Web atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
Di era web memungkinkan pesan tidak lagi berjalan searah namun bersifat interaktif. Melalui online, citra baik atau buruk dapat ditampilkan dan setiap orang atau lembaga bisa secara tiba-tiba diserang atau juga mendapat dukungan dari publik. Manfaat web bagi Public Relations adalah dapat melakukan penelusuran langsung dan segera tentang apa yang dilakukan oleh pesaing, mengetahui opini yang berlawanan dan opini dari masyarakat. Selain itu PR juga dapat memanfaatkan web untuk virtual marketing, distribusi e-mail, brochureware, discussion group, diskusi antar sesama pengguna internet seperti diskusi antar sesama profesi PR. Pada web terdapat juga Ezine atau majalah elektronik versi online dimana terdapat informasi artikel dan solusi. Ezine berbasis web merupakan situs web yang berfungsi seperti majalah, namun memberikan akses informasi online kepada para pembacanya. Ezine mengharuskan para pembaca untuk datang ke link tertentu baru bisa membaca berita atau info aktual dari halaman web ke halaman web yang lain. Perusahaan pun dapat manfaat yang besar jika tim PR menyempatkan diri untuk mencari dan mengevaluasi informasi ezine yang sesuai dengan bidang usahanya.
Memempublikasikan newsletter elektronik (ezine) perusahaan dapat meningkatkan keharuman reputasi. Itulah sebabnya kebanyakan situs web yang berhasil adalah situs web yang menjalankan dan mempromosikan ezine . lebih dari 60 persen dari pengguna internet sering dan suka membaca atau subcribe ke suatu ezine tertentu yang sesuai dengan minat mereka. Inilah salah satu alasan mengapa ezine merupakan salah satu tool promosi yang paling populer di internet. Sekarang sudah ada puluhan ribu ezine yang berisi berbagai topik informasi dan edukasi.

2. Blog
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog langsung terhubung dengan google sehingga setiap orang dapat dapat mengakses isi dari tulisan tersebut. Blog ini merupakan sarana penunjang bagi PR untuk memuat berbagai tulisan yang menjelaskan, konvirmasi dan informasi mengenai nilai positif dari perusahaan dan produk yang diperlukan oleh publik.

3. E-Mail

Email adalah surat elektronik. Pengiriman dokumen atau soft ware melalui jaringan internet. E-mail tidak dapat lepas dari dunia bisnis maupun gaya hidup apalagi dalam konteks E-PR. Mengingat email juga merupakan sarana yang efektif untuk membangun dan meruntuhkan reputasi.


Agar memberi kesan bagus bagi para prospek dan pelanggan, saat ini banyak perusahaan yang menitikberatkan usahanya pada call center yang baik serta cara menjawab telepon yang baik ataupun membalas email keluhan pelanggan. Selain itu, mereka juga berjuang bagaimana caranya calon pelanggan yang menelpon tidak merasa dipingpong kesana sini. Namun, mereka lupa atau sering menganggap sepele bahwa menulis ataupun membalas email terlalu lama dalam menjawab pertanyaan melalui email yang masuk juga akan meruntuhkan reputasi yang telah dibangun secara offline dengan susah payah dan biaya mahal.

Melalui email, PR dapat mengirimkan informasinya seperti, press release, news release dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh publik-publik yang terkait. Selain itu perkembangan dari email berupa IM (Instant Message), YM, chatting, dll PR dapat menafaatkan kemudahan tersebut dalam melaksanakan kegiatannya. Selain itu dengan adanya perkembangan teknologi, jangkauan audience lebih luas dan pesan yang tersampaikan pada masyarakat juga lebih beragam dalam satu waktu.

4. Millis
Millis adalah singkatan dari MailingList, artinya daftar alamat email yang terdaftar dalam suatu group seperti millis dalam yahoo. Memiliki millis akan mempercepat pengiriman informasi kepada sekumpulan orang. Di dunia maya, terdapat ribuan milis publik. Perusahaan pun dapat memanfaatkannya serta membuat millis publik menjadi millis perusahaan sehingga dapat memberi informasi kepada media, mitra kerja, karyawan, pelanggan dengan sekali klik dan cepat. Millis dalam komunitas online dimana anggotanya harus masuk ke situs web yang menyediakan newsgroup, misalnya yahoogroups.com.

5. Jejaring Sosial
Saat ini, ada banyak jejaring sosial yang berkembang pada dunia maya. Tak ayal jejaring sosial menjadi trend tersendiri bagi para pengguna internet terutama kalangan anak muda. Menjadi kesempatan besar bagi pelaku PR untuk mengembangkan jangkauan publik melalui jejaring sosial. Jejaring sosial sangat berguna bagi publikasi karena menggunakan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya. Beberapa contoh jejaring sosial yang biasa dipergunakan oleh pelaku pr untuk publikasi adalah :
- Facebook, yakni situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini. Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. www.facebook.com
- Twitter, yakni suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya.
6. Video Conference
Video conference adalah telekomunikasi dengan menggunakan audio dan video sehingga terjadi pertemuan ditempat yang berbeda-beda. Ini bisa berupa antara dua orang secara pribadi dalam kantor (point-to-point) atau mengikutsertakan berberapa orang dalam ruangan (multi-point) di tempat yang berbeda-beda. Video conference ini dapat dibagi atas:
a. Two-way Videoconference
b. One-Way Videoconference
c. Non-motion Videoconference
PR menggunakan Video conference untuk event-event spesial dan untuk melakukan media relations.

7. IRC

Internet Relay Chat atau IRC atau sering disebut dengan chatting adalah forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi. IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. IRC terdiri dari bermacam- macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC). Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut ‘client’) untuk menghubungkan mereka. Seperti, YM (yahoo masanger), google talk, Twitter, Chatting dalam facebook, dan lain sebagainya.


8. Vide News Realease (VNR)
Merupakan news releases yang disiarkan di siaran berita televisi. Durasinya dari 90 detik sampai dua menit. Biasanya video dan audio, dalam konsep news realeases yang satu ini, terpisah. Hal ini akibat stasiun televisi akan memberikan audio tersendiri untuk VNR ini. Salah satu bentuk VNR adalah Edited B-roll. Edited B-roll biasanya merupakan bahan kasar. Ia berdurasi tiga sampai lima menit dan belum mengalami proses pengeditan. Biasanya setelah diedit, ia berdurasi lebih panjang dan diberi beragam feature yang membuatnya semakin menarik. VNR ataupun edited B-roll menggunakan internet sebagai media penyalurnya.

9. Webcast
Webcast menggabungkan konsep audio dan video. Ia disiarkan melalui internet

10. Satelit Media Tours (SMT)
SMT terkait dengan spokeperson. Spokeperson, baik selebriti ataupun orang yang memang dipilih untuk menjadi humas, suatu perusahaan, produk atau organisasi, pada konsep PR yang satu ini, dapat melakukan semacam konferensi pers dimana ada wawancara yang terjadi antara dirinya dan reporter yang nantinya akan disiarkan di beberapa stasiun televisi. SMT disirkan melalui satelit. Alat PR yang satu ini memungkinkan adanya interaksi atau dialog antara klien dan spokeperson perusahaan atau produk.
Selain press realeses perkembangan juga terjadi di press kit. Sekarang, terdapat elektronik press kit. Memang bedanya hanya ada pada sifat keelektronikannya saja. Meskipun demikian ia cukup efisien dalam menciptakan hubungan antara perusahaan dan khalayak. Selain itu, ada perkembangan lain yang cukup significan dalam bidang kehumasan. Diantaranya munculnya online advocacy sistem, online media database dan online tracking sistem. Online Advocacy Sistem bisa diartikan sebagai kampanye perusahaan secara online kepada khalayak, pekerja, ataupun hal lain yang terkait dengannya. Online media database adalah berisi informasi yang berhubungan dengan perusahaan yang akan disampaikan ke publik. Sedangkan online tracking sistem berfungsi sebagai monitor. Ia Memudahkan PR suatu perusahaan untuk memonitor atau mengawasi media apa yang sedang memuat berita tentang media meraka dan apa isi berita tersebut, merugikan atau tidak.

Meskipun terdapat beragam teknologi yang membuat PR semakin canggih dan mampu menjangkau masyarakat luas, hal yang paling penting adalah memuat unsur pemberitaan yang lengkap dimana what, who,why, when, dan where terpenuhi. Selain itu, agar menarik minat khalayak untuk dibaca atau ditonton, PR haruslah memasukkan news value agar beritanya memiliki nilai tersendiri.

Perkembangan teknologi khususnya untuk media massa memudahkan aktivitas pelaku public relation. Sebelum teknologi berkembang PR hanya mengerjakan kegiatannya dengan menggunakan pulpen, pensil dan printing press, tetapi seiring
Pada beberapa website perusahaan sudah terpasang teknologi IRC ini, sehingga audien bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan perusahan tersebut begitupula sebaliknya.

Sumber :
• Onggo, Bob Julius, 2004, Cyber Public Relation, Elex Media Komputindo, Jakarta
• Straubhaar, LaRose, Davenport, 2008, Media Now: Understanding Media, Cultureand Technology, Wadsworth Cengage Learning, USA
• Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. Media now : Comunication Media in The Information Age. Wadsworth,2004. Chapter10-11.


Tanggapan Pribadi Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Ruang Lingkup Public Relations adalah: Dalam Bidang Perindustrian & Perdagangan :
Dengan memahami dan memanfaatkan perkembangan e-pr perindustrian & perdegangan akan mengalami kemajuan, terutama dalam promosi dan menaikkan citra perusahaan dan barang yang dihasilkan. Cepatnya penyampaian informasi kepada publik merupakan langkah positive dalam masalah waktu dan penyelesaian masalah. Kecepatan informasi ini dapat membendung masalah yang mungkin akan menghadang sehingga tidak sampai menjadi sebuah krisis. Data atau informasi yang disampaikan juga lebih detail dan jelas karena dapat dilengkapi dengan berbagai gambar dan video yang dapat menjelaskan. Perluasan pangsa pasar juga dapat diperoleh dengan adanya e-pr karena jangkaunnya seluruh jagad raya. Kejelasan informasi yang disampaikan oleh pelaku pr melalui media e-pr menjadikan industri dan perdagangan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam Bidang Pendidikan :
Perkembangan teknologi komunikasi mengalami dampak pada dunia pendidikan. Meski e-pr tidak secara langsung mempengaruhi dunia pendidikan akan tetapi e-pr mendorong dunia pendidikan mengenal dunia internet. Untuk saat ini tidak ada program pendidikan umum yang menjadikan internet sebagai mata pelajaran. Beberapa sekolah kejuruan, perguruan tinggi mengajarkan setiap setiap siswa dan mahasiswanyanya untuk mendalami pemakainan internet yang berhubungan dengan e-pr. Hal ini menjadi modal dasar bagi para pelajar setelah mereka lulus dalam praktek di dunia kerja.

Dalam Bidang Politik :
Public relation diperlukan oleh setiap bidang, bahkan setiap insan menjadi PR untuk dirinya sendiri, demikian juga halnya Politik. Tanpa jasa public relations niscaya sebuah partai politik dapat berdiri. e-pr sangat diperlukan terutama pada saat pemilu, ketika partai mengalami mesalah, pada kegiatan sehari-hari partai politik dan lain sebagainya. Sebagai bukti nyata adalah Barak Obama, ia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat karena promosinya pada jejaring sosial facebook. Hal tersebut adalah bagian kesuksesan dari humas atau publik relations Obama yang menggunakan fasilitas internet untuk memdapatkan perhatian dari masyarakat.
Politik adalah bidang yang membutuhkan perhatian dari publik, maka penggunaan e-pr sangatlah dibutuhkan . Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi melalui e-pr maka tujuan dari sebuah partai politik dapat dicapai lebih mudah.

Dalam Bidang Ekonomi
Pertumbahan perekonomian yang positif dalam sebuah perusahaan merupakan cita-cita dalam setiap perusahaan. Seluruh devisi perusahaan memiliki kontribusi masing-masing untuk menaikkan ekonomi perusahaan. Secara tidak langsung public relations juga memiliki potensi tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi maka pelaku pr dapat melaksanakan kegiatannya dengan tepat dan cepat. Informasi yang disampaikan oleh pr melalui media e-pr dengan mudah dapat mengena dan merobah opini masyarakat untuk setuju dan simpati dengan perusahaan dan produk yang dihasilkan perusahaan, hal ini secara tidak langsung mempengaruhi jumlah pembelian, jumlah pembelian yang meningkat ini menjadi faktor meningkatnya ekonomi suatu perusahaan.

Dalam Bidang Sosial
Perkembangan teknologi komunikasi dalam ruang lingkup public relations juga berpengaruh pada bidang sosial. Public relations juga bertujuan untuk menyelenggarakan event. Event kebanyakan bertujuan untuk sosial. Dengan e-pr para pelaku pr dapat menjalankan kegiatan sosialnya dengan baik. Misalnya dalam iklan layanan masyarakat, kegiatan sosial yang menggunakan teknik yang canggih, dan penyebaran informasi yang bertujuan untuk kegiatan sosial tersebut dapat lebih mudah.

Jumat, 20 Agustus 2010

DISUSUN OLEH :
NAMA : ROY ROMMEL PANGARIBUAN
NIM : 09 7151 0599
FAKULTAS : ILMU KOMUNIKASI
JURUSAN : PUBLIC RELATIONS
DOSEN : KOEN HENDRAWAN, S.E.,M.M.
MATA KULIAH : EKONOMI PERUSAHAAN

PENDAHULUAN

Apabila berbicara tentang ekonomi perusahaan, banyak hal yang bisa dibahas. Yang menjadi pilar utama untuk meningkatkan perekonomian perusahaan adalah memahami dan menerapkan ekonomi mikro sesuai dengan bidang dan lahan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Promosi dan publikasi merupakan salah satu pendobrak omset penjualan yang pada akhirnya menaikkan provit atau keuntungan perusahaan.
Public Relations merupakan bagian dari perusahaan yang mempunyai kontribusi dalam meningkatkan ekonomi perusahaan. Bagai mana cara pelaku public relations dalam meningkatkan keuntungan pada perusahaan secara tidak langsung ?, jawabannya ada pada makalah ini, akan dibahas secara detail.
‘Kontribusi Pelaku Public Relations dalam Meningkatkan Ekonomi Perusahaan‘ merupakan bentuk apresiasi dari penulis untuk memaparkan berbagai kebijakan pelaku public relations yang secara tidak langsung mampu mengarahkan public untuk bersimpati dengan perusahaan atau produk yang dipasarkan. Dalam menjalankan kegiatannya pelaku public relations berjalan beriringan dengan bagian pemasaran. Kerjasama yang dihasilkan akan berdampak positif pada kemajuan mobilitas perusahaan.
Tentunya penulis masih memiliki banyak kekurangan baik dari Ilmu maupun dari pengalaman langsung dalam dunia nyata bisnis, tidak sedikit kesalahan penulisan atau pemahaman dalam menyelesaikan makalah ini, untuk itu penulis memohon maaf. Penulis mengucap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran pembuatan makalah ini, ucapan terimakasih kepada semua orang yang telah membantu pembuatan makalah ini.

Penulis,
Roy Rommel Pangaribuan

RUMUSAN MASALAH :
Kontribusi Pelaku Public Relations Dalam Meningkatkan Ekonomi Perusahaan
Untuk mendirikan sebuah perusahaan diperlukan beberapa hal yang harus dipenuhi. Selain modal atau biaya yang memadai hal yang tidak kalah penting adalah Ilmu yang menunjang pembentukan perusahaan tersebut. Ilmu yang harus dikuasai adalah salah satunya Ilmu Ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk memcapai kemakmuran. Ilmu ekonomi merupakan perpaduan ilmu social dan ilmu eksakta.
Ilmu ekonomi yang paling mendukung dalam terbentuknya suatu perusahaan adalah ilmu ekonomi mikro yakni : analisa biaya dan manfaat, teori permintaan dan penawaran, elastisitas, model-model pasar, industri, teori harga dan teori produksi
Yang tidak kalah pentingnya, setelah terbentuknya perusahaan harus melakukan perencanaan, organisasi, pengarahan, koordinasi dan pengawasan (fungsi manajemen).
Perusahaan tujuannya adalah untuk menghasilkan barang atau jasa. Sebelum produksi dijalankan sebaiknya perusahaan sudah harus memasarkan produk yang hendak dihasilkan. Pemasaran didefinisikan sebagai pelaksana dari kegiatan dunia usaha yang mengarahkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen atau pemakai. Pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghantarkan perusahaan untuk memperoleh provit atau keuntungan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh divisi pemasaran sebelum mengambil suatu keputusan. Tiga hal yang selalu diprioritaskan oleh divisi pemasaran adalah orientasi pelanggan, orientasi laba dan koordinasi dan integrasi dari kegiatan-kegiatan pemasaran.
Ketiga hal yang diprioritaskan oleh pihak pemasaran tersebut diatas akan tercapai dengan baik apabila ada kerjasama antara divisi pemasaran dengan divisi public relations. Public relations atau humas memiliki peranan yang sangat besar dalam mendobrak suksesnya penjualan secara tidak langsung pada sebuah produk. Public relations adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Tujuan dari Public relations adalah untuk mengubah opini public, yang sebelumnya publik antipati terhadap suatu perusahaan menjadi biasa, kemudian mengubah opini public yang biasa menjadi simpati bahkan empati terhadap perusahan yang bersangkutan. Simpati dan empati publik merupakan posisi puncak dalam tujuan adanya kegiatan public relations. Dengan kejujuran berlandaskan pada keahlian, pengetahuan dan pengalaman yang matang, pelaku public relations akan dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. Ada beberapa teori dan strategi yang harus dimiliki oleh pelaku public relations. Setiap kebijakan yang dijalankan oleh pelaku public relations berhubungan dengan public. Tindakan pelaku public relations lansung dapat dirasakan manfaatnya oleh perusahaan. Adapun kegiatannya adalah publikasi, event, membuat berita, merangkul komunitas, merancang dan membuat identitas perusahaan serta melakukan lobi dengan pihak yang berhubungan dengan perusahaan.
Opini public yang positif terhadap perusahaan atau produk yang dihasilkan menjadi awal dasar dari perusahaan untuk memasarkan barang atau jasanya kepada publik. Pemasaran dan public relation melakukan kerjasama dalam pemilihan kata-kata atau kalimat yang tepat untuk dipergunakan dalam publikasi sebuah produk. Kegunaannya adalah agar pengenalan produk tepat mengena pada sasaran secara jelas serta menarik minat publik untuk menggunakan produk atau jasa tersebut. Tujuan akhirnya adalah untuk memperoleh aset penjualan yang sebanyak-banyaknya dengan keuntungan tertentu atau banyak pula.






LANDASAN TEORI

Sehubungan dengan tema yang diangkat yakni membahas pengaruh dari kegiatan yang dilakukan oleh pelaku public relation terhadap peningkatan ekonomi perusahaan, maka yang menjadi landasan teori yang akan dibahas adalah tentang teori-teori yang diperankan oleh pelaku public relations. Adapun teori yang biasa dipergunakan oleh pelaku public relation adalah teori tentang hubungan manusiawi serta teori public relations dalam perencanaan, pembentukan sebuah merk dan citra.
Ruang lingkup pekerjaan public relations “Pendekatan Teoritis dan Praktis oleh Dr. Yosal Iriantara & A. Yani Surachman, S. Sos. (Penerbit: Simbiosa Rekatama Media, 2006)” :
- Publication & publicity
- Events
- News.
- Community Involvement
- Identity-Media atau media relations
- Lobbying
Jenis –jenis hubungan antar manusia :
- Intrapribadi
- Antarpribadi
- Kelompok Kecil
- Organisasi
- Publik
- Antarbudaya
- Masa
Langkah- langkah dalam memulai suatu hubungan :
- Meneliti Kualitas
- Melihat Lampu Hijau
- Membuka Perjumpaan
- Topik Yang Memadukan
- Ciptakan Citra Yang Menyenangkan
- Rencanakan Pertemuan Kedua
Perencanaan Merk dan Citra secara tepat.
Merk dan citra memiliki andil dalam berhasilnya sebuah barang atau jasa dipasaran. Potensi pelaku public relations dalam pembentukan citra. Citra Adalah Persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya. Citra dipengaruhi oleh banyak faktor yang diluar kontrol perusahaan. (Philip Kottler: 2002)














PEMBAHASAN
Ruang lingkup pekerjaan public relations “Pendekatan Teoritis dan Praktis oleh Dr. Yosal Iriantara & A. Yani Surachman, S. Sos. (Penerbit: Simbiosa Rekatama Media, 2006)” :
• Publication & publicity: memperkenalkan perusahaan kepada publik. Misalnya: membuat tulisan yang disebarkan ke media. Meski kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan periklanan atau pemasaran akan tetapi kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan kepada public atau masyarakat. Penyebaran informasi ini akan berdampak pada opini public untuk mempergunakan barang atau jasa karena produk tersebut dihasilkan dengan baik sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
• Events: mengorganisasi event atau kegiatan sebagai upaya membentuk citra. Banyak macam atau ragam kegiatan yang akan digelar, tentunya yang menjadi patokan adalah jenis event harus mempunyai hubungan atau kaitan dengan perusahaan, barang atau jasa yang dihasilkan. Tujuannya adalah untuk merangkul masyarakat agar mengenal perusahaan, mencerminkan betapa memasyarakatnya perusahaan dengan public.
- Kegiatan-kegiatan informal: outbond, lomba olah raga, makan bersama, darmawisata, dll.
-Kegiatan-kegiatan formal: media gathering, press tour, press receptions, launching produk, dll.

• News: membuat produk-produk tulisan Public Relations seperti press release, newsletter, berita, artikel, dsb.hampir sama pengertiannya dengan publikasi. News atau berita identik dengan publikasi secara detail kepada public, dengan menggunakan media massa. Penyebaran informasi ini bukan merupakan bentuk dari iklan. Kelebihan yang layak diinformasikan kepada masyarakat adalah nilai lebih yang dimiliki sehingga merupakan suatu kebanggan bagi perusahaan bahkan bagi Negara. Cara ini merupakan salah satu cara untuk membentuk opini public yang positif tentang perusahaan yang pada akhirnya akan membuat public simpati dan akan menggunakan produk barang atau jasa yang dihasilkan.
• Community Involvement: membuat program-program yang ditujukan untuk menciptakan keterlibatan komunitas atau masyarakat sekitar. Tidak beda jauh dengan event, yang membedakan adalah kegiatannya dikhususkan pada komunitas tertentu. Penyampaiannya lebih spesifik, tetapi tujuannya adalah untuk membentuk citra yang baik di mata masyarakat.
• Identity-Media atau media relations: identity yang dimaksud adalah pembentukan sebuah identitas yang layak untuk di publikasikan sehinggan suatu perusahaan mempunyai sebuah identitas atau perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat karena memiliki sebuah ciri khas. Ciri khas tersebut dapat dibentuk dari berbagai hal, misalnya : warna, logo, seragam, semboyan dan lain sebagainya.
• Lobbying: memiliki keahlian persuasif dan negosiasi dengan berbagai pihak. Lobby bisa dilakukan dengan public internal dan public eskternal. Tujuannya agar pihak yang dilobby setuju dengan apa yang hendak disampaikan oleh pelaku public relations.

Jenis –jenis hubungan antar manusia :
Setiap pelaku public relation harus memahami berbagai macam hubungan dalam berkomunikasi. Kegunaannya adalah untuk mengetahui komunikan secara detail sehingga dengan tepat dan cermat dapat menggunakan jenis hubungan yang hendak dipergunakan untuk melakukan pendekatan. Adapun macam-macam dari hubungan tersebut adalah :
- Intrapribadi yakni Komunikasi yang menerangkan bagaimana orang menerima informasi, mengolah, menyimpan dan menghasilkannya kembali.
- Antarpribadi : Komunikasi dua orang (diad) merupakan satuan terkecil interaksi manusia. Tanpa disadari, komunikasi yang terjadi di antara 2 orang, mempengaruhi citra kita dan membantu kita mengenali orang lain juga. Kenyataannya, hubungan yang akrab merupakan hubungan yang jumlahnya paling sedikit.
- Kelompok Kecil : komunikasi yang terjadi pada sekumpulan perorangan yang relatif kecil yang masing-masing dihubungkan oleh beberapa tujuan yang sama dan mempunyai derajat organisasi tertentu diantara mereka (De Vito, 1997):
- Organisasi : hubungan yang terjadi pada dua atau lebih organisasi
- Publik : komunikasi yang dilakukan dengan melibatkan public untuk menyampaikam informasi dan timbale baliknya
- Antarbudaya : komunikasi yang dilakukan dimana antara komunikator dan komunikan mempunyai perbeaan budaya. Komunikasi ini dituntut untuk memahami budaya dari lawan bicara.
- Massa : komunikasi yang dilakukan dengan melibatkan lapisan masyarakat sebagai komunikan dengan menggunakan media massa sebagai sarana komunikasi baik media cetak, elektronik dan media on line.
Pengenalan dan pemahaman komunikan baik secara psikologi maupun secara sosiologi merupakan penunjang komunikasi diantara dua hubungan. Apabila hal ini dapat terlaksana, pelaku public relation tidak akan menemui kesulitan yang berarti untuk menyampaikan pesan kepada public atau masyarakat, melalui pendekatan yang diperlukan sesuai dengan jenis-jenis hubungan tersebut diatas.

Langkah- langkah dalam memulai suatu hubungan :
Sesuai dengan macam-macam hubungan yang telah disebutkan, ada enam hal yang sangat dibutuhkan dalam memulai suatu hubungan yakni :
- Meneliti Kualitas : dapat digambarkan bahwa seorang public relations harus mengetahui kualitas dirinya dan orang yang akan dihadapi. Untuk memulai hubungan dengan orang tersebut diperlukan berbagai informasi sehingga tidak sampai terjadi kesalahpahamam dan kekurangan informasi.
- Melihat Lampu Hijau : setiap peluang harus dengan jeli diperhatikan. Pengalaman yang matang akan membuat seorang public relations dapat melihat kesempatan yang ada sehingga dapat menyalurkan pesan yang hendak disampaikan.
- Membuka Perjumpaan : tanpa ada perjumpaan hubungan akan sulit dijalankan. Tidak harus melalui tatap muka secara langsung, tetapi bisa dengan menggunakan media sebagai alat komunikasi. Perjumpaan adalah lebih tepatnya pada penyampaian informasi tepat pada sasaran.
- Topik Yang Memadukan : dibutuhkan kecermatan dalam mengumpulakan bahan atau informasi yang hendak disampaikan kepada public. Hal ini menjadikan topic yang hendak dibahas atau disampaikan dapat mengena secara benar sesuai dengan pokok bahasan secara terperinci dan mudah dipahami.
- Ciptakan Citra Yang Menyenangkan : yang dimaksud dengan citra yang menyenagkan adalah mengekspor seluruh hal-hal positive dari perusahaan sehingga komunikan dapat memahami kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
- Rencanakan Pertemuan Kedua : pertemuan kelanjutan adalah menjelaskan bahwa adanya ketertarikan dari publik dengan perusahaan, baik itu karena barang atau jasa yang dihasilkan. Perencanaan ini juga dilakukan untuk menjadikan masyarakat sebagai pelanggan, sehingga akan mempunyai hubungan yang berkesinambungan.

Merk dan Citra :
Merk adalah suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk yang dihasilkan untuk membantu penjualan dan menglompokkan produk dan layanan yang dimiliki dalam satu kesatuan guna membedakan produk tersebut dengan produk pesaing sejenis lainnya. Pelaku public relations harus memperhatikan langkah-langkah dalam menentukan sebuah merk, diantaranya :
- Temukan Nama merk yang memang unik dan tdk gampang ditiru. Bersifat berbeda (distinctive), dan sulit ditiru.
- Jangan gunakan nama generik
- Jadilah yang pertama dalam bidangnya
- Jangan asosiasikan merk dengan kategori produk dalam penyebutan nama merknya.
Tiga tahapan merk yang hendak dicapai :
- National Brand : merk yang dapat menguasai pasar dalam skala nasional
- Regional Brand : merk yang dapat menguasai pasar dalam skala regional atau satu kawasan ( terdiri dari beberapa Negara yang berdekatan )
- International Brand : merk yang dapat menguasai pasar dalam skala global atau dunia.
Pencapaian sebuah tahapan merk bukanlah hasil yang mudah, kerjasama antara divisi pemasaran dan divisi public relations sangat dibutuhkan. Tidak sedikit dari sebuah merk yang telah diluncurkan mengalami kegagalan di pasar. Merk yang telah ditentukan sesuai dengan syarat – syarat yang telah disebutkan diatas, tidak lantas dapat diterima dipasar, dibutuhkan promosi yang bagus secara berkesinambungan.
Citra adalah cara bagaimana pihak lain memandang sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite atau suatu aktivitas. Setiap perusahaan memiliki citra sebanyak jumlah orang yang memandangnya. (Katz;1994)
Keguanaan dari citra adalah :
1. Menciptakan Public Understanding (Pengertian Publik); pengertian belum berarti persetujuan atau penerimaan, persetujuan belum berarti penerimaan.
2. Public Confidence (Kepercayaan publik); Publik percaya bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas dan reputasi yang baik.
3. Public Support ; adanya dukungan dari publik terhadap produk yang dihasilkan dlm bentuk materil dan spiritual.
4. Public Cooperation; adanya kerjasama dari publik terhadap produk.jika ketiga tahapan diatas dapat dilalui maka akan mempermudah adanya kerja sama dari publik yang berkepentingan
Merk dan citra harus bisa diciptakan oleh setiap public relations agar sebuah perusahaan dapat mengalami kemajuan diberbagai bidang.



KESIMPULAN
Public relations tidak secara langsung dapat memajukan atau meningkatkan penjualan dalam dunia bisnis. Public relations bertujuan untuk menciptakan opini public yang positif, yang merupakan langkah awal untuk mendapatkan perhatian publik bahkan memperoleh simpati dari public. Langkah ini merupakan langkah awal di mana perusahaan baik hasil produksi barang maupun jasa dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Merk yang diciptakan sesuai dengan syarat-syarat pembentukan merk akan dapat dipertahankan karena citra baik perusahaan yang telah dibangun oleh public relations dapat mengena tepat dihati masyarakat atau pelanggan. Hal ini mempermudah pemasaran untuk memasarkan produknya dengan berbagai strategi marketing, salah satunya dengan promosi atau periklanan. Tujuan akhirnya adalah untuk memperoleh omset penjualan yang meningkat, sehingga provit atau keuntungan perusahaan pun ikut meningkat. Public relation mempunyai kontribusi yang besar dalam meningkatkan ekonomi perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA
Joseph A Devito Referensi Human Relations
Dr. Yosal Iriantara & A. Yani Surachman, S. Sos. Pendekatan Teoritis dan Praktis (Penerbit: Simbiosa Rekatama Media, 2006).
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Catur Sugiyanto. Ekonomi Mikro: Ringkasan Teori, Soal, Trik dan Jawaban. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Koen Hendrawan, S.E.,M.M. Diktat Materi Kuliah Ekonomi Perusahaan Fakiltas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur.
Yuniany Haffel, S.E.,M.Si. Diktat materi kuliah Perencanaan Merk dan Citra, Universitas Budi Luhur.

Rabu, 18 Agustus 2010

bagi pengendara sepeda motor mohon untuk berhati-hati apabila melewati ujung jalan dari harmoni-sangaji Jakarta Barat. pengalaman pribadi ditempat tersebut sering menemui banyak paku, yang pada akhirnya akan merusak ban sepeda motor yang melewatinya.

usahakan apabila melewati tempat tersebut untuk mengambil jalur jalan yang tengah, agar terhindar dari tebaran paku dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

tukang tambal ban yang ada di sekitar tempat terbut juga agak nakal dengan membuat tarif tambal ban yang lumayan mahal. adakan tawar menawar terlebih dahulu agar tidak terjadi harga yang gila-gilaan dari tukang tambal ban tersebut.

semoga anda terhindar dari jebakan tebaran paku dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab

Senin, 16 Agustus 2010

Pariban

23.33
0

Di Indonesia kata pariban sering kali kita dengar. kata pariban semakin popular oleh sebuah sinetron dengan judul ‘Pariban Dari Bandung’. Pariban adalah sebuah kata yang berasal dari sumatera utara yakni bahasa yang diciptakan oleh nenek moyang suku batak.
Meski kata ini sudah memasyarakat namun banyak orang yang tidak mengerti arti kata tersebut, beberapa diantara mereka mengartikannya salah atau kurang tepat. Ada dari beberapa orang yang mengartikan kata pariban ini sebagai tunangan atau jodoh. Bahkan beberapa waktu yang lalu ada FTV di SCTV yang di bintangi oleh Jesica Iskandar, mengangkat tema Pariban mengambil settting film di Bengkulu. Agak aneh memang, selain setting Film yang kurang tepat, pesan yang terkandung di dalam film tentang arti pariban tersebut kurang tepat. Film tersebut di putar dalam skala nasional yang pada akhirnya akan membuat orang yang menontonnya akan salah mengartikan. Seharusnya film yang bertema kedaerahan harusnya mendapat bimbingan dari pengetua adat atau orang yang benar-benar mengerti adat yang bersangkutan. Selain menghibur Film juga bisa bertujuan untuk melestarikan budaya nasional.
Pengertian dari pariban adalah saudara sepupu yang berbeda marga, dan secara adat istiadat diperbolehkan untuk menikah. Antara perempuan dan laki-laki ada perbedaan. Untuk Laki-laki yang menjadi paribannya adalah putri dari saudara laki-laki ibu. Untuk perempuan yang menjadi paribannya adalah putra dari saudari perempuan ayah. Pada jaman dahulu kala di dalam suku batak sesama pariban banyak yang dijodohkan oleh orang tua mereka. Seiring dengan perkembangan zaman dalam suku batak juga mengalami kelunturan tradisi perjodohan tersebut.

Rabu, 11 Agustus 2010

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI & KELOMPOK DALAM FILM :




KATA PENGANTAR

Sehubungan dengan materi Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah ’ Komunikasi Antar Pribadi & Kelompok, untuk membahas sebuah film drama berdasarkan aspek-aspek yang ada dalam komunikasi antar pribadi & kelompok, maka saya mengumpulkan materi-materi dan pengamatan dalam sebuah film yang berjudul Maid in Manhattan.

Film Maid In Manhattan banyak menyuguhkan komunikasi verbal dan non verbal serta menjalin berbagai hubungan antar tokohnya baik antara dua orang atau lebih, yang secara otomatis menggambarkan komunikasi antar pribadi dan kelompok.

Makalah ini terdiri dari lima bab yakni :
- Bab I : Sinopsis
- Bab II : Aktor dan Aktris Utama, Konsep Diri Tokoh Dalam Film
- Bab III : Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Film
- Bab IV : Tahap Hubungan Antar Pribadi & Kelompok Antara Tokoh Film
- Bab V : Opini tentang isi Film.

Puji dan Syukur kepada Tuhan yang telah melancarkan jalan saya untuk merampungkan makalah ini. Semua karena AnugrahNya.






Penulis,

Roy Rommel Pangaribuan

BAB I

SINOPSIS :


Marisa Ventura (Jennifer Lopez) adalah orang tua tunggal ( Single Parent ), ia bekerja di sebuah hotel Mewah di Manhattan dan berjuang untuk meraih mimpi akan kehidupan yang lebih baik untuknya dan putranya yang masih muda Ty Ventura (Tyler Posey), di masa yang akan datang.

Suatu hari, ketika Marisa dan patner kerjanya Stevanie Kehoe (Marissa Matron) membersihkan kamar VIP di hotel tersebut, dengan iseng temannya menyuruh Marisa untuk mencoba mengenakan pakaian elegan yang super mahal yang dimiliki oleh pengunjung hotel yang sedang menginap di kamar tersebut. Ukuran pakaian dan sepatu tersebut cocok dengan ukuran Marisa, Tiba-tiba Ty anak Marisa datang menemuinya di ruang kerja bersama salah satu tamu hotel yang baru di kenalnya dan orang tersebut adalah calon senator, Christopher Marshall (Ralph Fiennes).Ty mengajak mamanya untuk mencari udara segar sebentar dengan jalan-jalan diluar ruangan Hotel. Secara spontan sandiwara Marisa jadi orang kaya barjalan seiring dengan ajakan Christopher.

Perkenalan yang singkat tapi telah menjalin komunikasi yang lumayan hangat, karena adanya kesamaan, kecocokan dan ketertarikan antara Marisa dan Christopher. Marisa menyadari dirinya yang hanya seorang pelayan di sebuah hotel, suatu hal yang mustahil untuk dirinya bisa menjalin cinta dengan calaon senator yang status sosialnya berada di kelas atas.

Setelah malam yang menawan hati bersama-sama, keduanya jatuh cinta. Tetapi ketika identitas Marisa yang sesungguhnya terungkap, masalah kelas dan status sosial mengancam untuk memisahkan mereka. Cinta dan pekerjaan Marisa menjadi taruhannya, Marisa dikeluarkan dari pekerjaan, impiannya menjadi Mananger di hotel itu hancur sudah. Christopher yang tadinya jatuh cinta akhirnya berubah haluan, ia merasa dipermainkan dengan sandiwara Marisa, harga dirinya sebagai calon senator jatuh apalagi wartawan sempat meliput dan mempublikasikan kisahnya.

Ditengah-tengah kekisruhan hubungan Marisa dan Chistopher, Caroline Lane memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan Christoper, merasa bahwa dirinya cocok bersanding dengan pria tersebut karena berasal dari kalangan atas juga. Namun Christopher tidak menggubris karena ia hanya ingin dekat dengan orang ia cintai, tanpa ada kepura-puraan dan kemunafikan

Cinta sejati memang sudah ditakdirkan, teori ini dibuktikan ketika beberapa waktu setelah kejadian tersebut, Christopher Marshall kembali akan menginap di hotel tempat kerja yang baru Marisa. Ty yang masih berusia 10 tahunpun bisa merasakan kejadian kenapa bisa terjadi pertemuan tak disengaja tersebut, dia merasa ada ikatan antara dia, mamanya dengan calon senator Christopher.

Dengan semangat dan keyakinan Ty berusaha mempertemukan Christopher dengan mamanya, ia menghadiri persconfers yang diadakan Chistopher dengan wartawan di hotel tempat mamanya bekerja, ia menjadi salah satu yang mengajukan pertanyaan resmi, yang tujuannya adalah menyadarkan Chistopher bahwa manusia tidak ada yang sempurna, semua manusia pernah melakukan kesalahan dan selalu ada kesempatan kedua untuk memperbaikinya, menekannya agar manusia mencoba berempati terhadap orang lain, sehingga mengerti apa yang yang akan orang lain perbuat dengan keadaan yang dialami terhadap masalah yang menghadang, dengan cara pandang tersebut perbedaan antara manusiapun bisa dihapuskan. Kata-kata Ty yang bisa digolongkan pidato tersebut secara tenang lancar keluar dari mulutnya (berkat mengepal / memegang penjepit kertas untuk menghilangkan grogi saat berbicara di depan umum) menjadi insfirasi buat Christopher untuk mengikuti kata hatinya dan menemui Marisa.

Cinta memang tak pernah memandang status sosial. Karena cinta Marisa dan Christopher akhirnya bisa bersatu lagi.





0000***#***0000














BAB II

AKTOR DAN AKTRIS UTAMA

Jenniver Lopez sebagai Marisa Ventura
Ralph Fiennes sebagai Christopher Marshall
Natasha Richardson sebagai Caroline Lane
Stanley Yuccy sebagai Jerry Siegel
Tyler Garcia Posey sebagai Ty Ventura
Chrish Ergeman sebagai John Bexrum
Marissa Matrone sebagai Stevanie Kehoe
Prisilla Lopez sebagai Veronica Ventura
Bob Haskins sebagai Lionel Bloch



KONSEP DIRI MASING-MASING TOKOH DALAM FILM :


Marisa Ventura

Ciri-ciri fisik : Berusia sekitar 30 tahun, warna kulit hitam manis (Amerika Latin), hidung mancung warna rambut hitam lurus dan panjang, bentuk wajah oval, mata hitam, senyum manis, tinggi berat badan ideal, cantik.

Karakter & Sifat : tangguh, ramah, bijaksana, mempunyai wawasan yang luas & sabar.

Cara Pandang : Hari esok harus selalu lebih baik dari hari ini. mempunyai wawasan yang luas

Lain-lain : Single parent, sayang sama anak, memiliki teman kerja yang saling care atau perhatian, tau diri, pekerja sebagai pelayan di sebuah hotel mewah, jatuh cinta

Christopher Marshall

Ciri-ciri fisik : Berusia sekitar 35 tahun, tinggi, warna kulit putih (American), mata biru, hidung mancung, bibir sexy, bentuk wajah oval, wajah bersih (tidak memiliki kumis atau jenggot), rambut hitam pendek.

Karakter & Sifat : tegas, punya prinsip, menghargai wanita, penyayang binatang.

Cara pandang : selalu memotifasi diri untuk meraih impian. Memiliki wawasan yang luas.


Lain-lain : di cap sebagai playboy, calon senator ( parlemen), pintar berpidato, menghargai orang lain, tidak mudah emosi, kokoh dalam prinsip untuk menggapai impian. Jatuh cinta pada Marisa Ventura

Ty Ventura

Ciri-ciri fisik : laki-laki, berusia 10 tahunan, kulit putih, hidung mancung bentuk wajah oval tinggi badan sekitar 130 cm berat badan ideal, rambut lurus hitam.

Karakter & Sifat : penurut, mudah putus asa, jaim, pemalu.

Cara pandang : mengikuti apa kata idola, smart & cepat tanggap, mengerti kondisi ibunya.

Lain-lain : anak dari Marisa Ventura, mengidolakan senator Amerika Nixon tokoh politik tahun 70an.
Caroline Lane

Ciri-ciri fisik : Rambut pirang lurus panjang, ramping, hidung mancung, bentuk wajah oval

Karakter & Sifat : mudah jatuh cinta, percaya diri, menghargai orang lain, ambisius, jaim

Cara pandang : hidup selalu hura-hura.

Lain-lain : jomblo, suka berkencan dengan mantan pacar, selalu menggunakan barang mewah, anak orang kaya, tergila-gila dengan Christopher.


Stevanie Kehoe

Ciri-ciri fisik : kulit putih, tinggi sekitar 160 cm. Hidung mancung, bentuk wajah bulat, badan agak besar, mata bulat berwarna coklat.

Karakter & Sifat : ramah, tangguh, peduli dengan sahabat.

Cara pandang : selalu memanfaatkan kesempatan sesuai dengan kondisi

Lain-lain : perokok, pekerja di hotel yang sama dengan Marisa, teman baik Marisa.




Lionel Bloch

Ciri-ciri fisik : bertubuh besar, separuh baya, rambut hitam pendek, agak botak.

Karakter & Sifat : serius

Cara pandang : selalu ada jalan lain ketika ada jalan yang tertutup

Lain-lain : manager hotel di tempat kerja Marisa, peduli dengan bawahan, selalu mensupport Marisa.



























BAB III


KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL YANG DITAMPILKAN OLEH PARA TOKOH


» Komunikasi verbal adalah komunikasi yang mengunakan kata-kata atau bahasa yang mengandung arti.

Bisa dipastikan di dunia ini tidak ada film yang tidak menggunakan komunikasi verbal ( karena film adalah jiblakan dari kehidupan nyata, sementara dalam kehidupan komunikasi adalah nafas masyarakat ), apalagi film dengan gender drama, hampir sepanjang film di bumbui komunikasi verbal oleh para tokoh-tokoh yang memainkan film.
Yang menjadi sorotan dalam ulasan ini adalah penempatan bahasa yang dipergunakan ketika hendak menghadapi komunikan. Dalam film ini pemilihan kata–kata yang dipakai boleh mendapat ancungan jempol, peran yang dimainkan semua terlihat alami, misalnya ketika Marisa Ventura hendak berbicara dengan anaknya ia menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak, kemudian ketika ia berkomunikasi dengan teman kerjanya ia bisa menggunakan kata-kata yang hangat, jauh dari formal dan apa adanya, berbeda ketika Marisa berkomunikasi dengan atasan (managernya) ia begitu sopan.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari komunikasi verbal yang ada dalam film Maid in Manhattan :

Marisa Ventura : ’ dia bukan bagian dari hidup kita, tapi kita berharap bisa sukses’.
Kata-kata ini di ucapkan marisa kepada anaknya Ty, ketika ia sudah mengakhiri hubungannya denga Christopher, kata-kata yang sederhana tapi maknanya dalam, mengajarkan agar selalu berpikiran positif.

Adengan romantis Marisa dengan Christopher
Christopher Marshall : ‘ apakah kamu mau berlari ke suatu tempat yang tidak kamu mau ? atau berlari kesuatu tempat yang takut kamu miliki ?’ bahasa verbal ini ditujukan kepada Marisa, saat ia sedang jatuh cinta hendak meninggalkan Christopher sebelum acara makan malam pengumpulan dana sosial. Meembuat Marisa enggan menyia-nyiakan malam indah tersebut.


Ty Ventura : ‘Setiap manusia tidak ada yang sempurna, semua manusia pernah melakukan kesalahan, dan selalu ada kesempatan kedua. bagai mana kalau seandainya posisi anda sebagai pelayan hotel ? Dan melakukan kesalahan apakah berhak mendapat kesempatan kedua bukan ?’ pertanyaan Ty ditujukan kepada Christopher didepan publik saat mengadakan konprensi pers

Stevanie Kehoe : ’ Kalian dari dua dunia yang berbeda’ Stevanie berusaha menyadarkan Marisa akan status sosialnya yang berbeda dengan Christopher.

Lionel Bloch :
’terkadang kita terpaksa dalam arahan dimana kita harus dapati diri kita.’
’ yang terpenting bagaimana bangkit setelah gagal.’
’saya bangga pernah bekerja dengan anda.’
’ Jika satu pintu ditutup akan ada pintu yang lain yang terbuka, maka lompatlah.’
Komunikasi verbal ini terjadi antara Lionel bloch yang merupakan manager Marisa, ketika mereka berhenti dari pekerjaannya, kata-kata yang membangun, bijak dan menajadi semangat buat Marisa untuk melanjutkan hidup.


» Komunkasi non verbal adalah komunikasi yang tidak mengunakan kata-kata yang mengandung arti, bisa menggunakan tanda atau simbol atau biasa disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (silent language).

Komunikasi non verbal dalam film ini juga terperagakan dengan sempurna, setiap bahasa verbal diiringi oleh non verbalnya, mulai dari gerakan-gerakan anggota tubuh. ini menjadikan setiap akting yang diperankan benar-benar totalitas oleh aktor dan aktrisnya yang diarahkan oleh sutradara Wayne Wang.
Warna, bunyi, Diam, jarak, artefak / hasil tehknologi dll pun ikut mendukung komunikasi non verbal yang ada dalam film ini.
Beberapa contoh komunikasi non verbal dalam film Maid in Manhattan :
- Menangis. Ketika marisa sedang di PHK dan putus hubungan dengan Christopher menandakan sedih
- Berpelukan. Banyak adegan berpelukan, Menunjukkan kasih sayang dan kepedulian
- Berjabat tangan. Banyak adegan berjabat tangan, Sebagai tanda salam.

- Celemek yang dipakai pelayan saat bekerja. Menandakan mereka adalah pelayan
- Pelayan menunggu di depan pintu kamar setelah mengahantarkan tamu ke kamar hotel. Menandakan supaya ia diberi uang tip
- Pakain terbuka dengan bra berwarna cerah, menandakan selera busana orang tua. Pakaina yang di pakai teman dari Caroline.
- Ty bersifat cuek sama mamanya, menandakan ia lagi kecewa.
- Hiasan natal di hotel tempat marisa bekerja. Menandakan hari natal.
- Jarak marisa dan Christopher lebih dari 18 inci, menandakan mereka smasih belum akrab.


gambar di atas menunjukkan hubungan diantara keduanya( Christopher Marshall dan Marisa Ventura) masih belum akrab (jarak masih lebih 18 inci) karena mereka masih baru berkenalan.


BAB IV

TAHAP-TAHAP HUBUNGAN ANTAR PRIBADI DAN KELOMPOK YANG TERJADI DI ANTARA TOKOH-TOKOH FILM


» Hubungan Antar Pribadi

Marisa Ventura dengan Ty Ventura

Hubungan diantara mereka terjalin sejak Ty lahir, Ibu dan anak ini memiliki komunikasi yang lancar, terlihat banyak adegan yang menunjukkan betapa sayangnya Marisa kepada anaknya. Diantara mereka telah terjalin komunikasi pribadi sejak Ty lahir kedunia. Marisa selalu menggunakan kalimat yamg mudah di mengerti anak, bahasa non verbalnya juga bisa menggambarkan kedekatan hubungan mereka, mulai dari cium pipi, pelukan bahkan tatapan mata yang penuh kasih sayang ibu dan anak.
Komunikasi mereka beberapa kali mengalami gangguan, saat Ty tidak bisa melanjutkan pidatonya pada saat lomba pidato yang di adakan oleh sekolahnya, Ty merasa kecewa dan memilih diam, tidak mau berkomunikasi dengan ibunya, tetapi Marisa akhirnya menemukan cara untuk menyemangati Ty untuk bangkit kembali.


Marisa Ventura dengan Christopher Marshall.


Saat Marisa dan Christopher berdansa, sebelum penyamara Marisa terbongkar

Awal dari pertemuan tak terduga diantara keduanya, yang tanpa sengaja Marisa harus berakting menjadi wanita kelas atas, yang menjadi landasan pertemanan mereka ketika ada kesamaan status sosial (Christopher tidak tahu kalau Marisa hanya seorang pelayan di hotel). Pola pikir dengan wawasan yang luas dan saling cocok juga pendorong sehingga mereka semakin dekat ditambah keduanya memiliki phisic dan wajah yang menarik. Ada keinginan untuk ingin selalu bertemu, rasa suka dan kehangatan menyelimuti hati keduanya.

Ketika status Marisa sebagai pelayan hotel terbongkar, hubungan diantara keduanya putus, marisa menyadari kalau ia tidak mungkin untuk memiliki pasangan dari kelas atas, sementara Chrismarsall merasa dibohongi.


Christopher mengikuti nalurinya untuk mendapatkan cinta Marisa kembali setelah tersadar oleh kata-kata Ty

Christopher akhirnya menyadari untuk menenggapai cinta sejatinya setelah ia mengikuti nalurinya berkat kata-kata dari TY. Marisa dan Christopher pun akhirnya memulai hubungan yang baru tanpa ada sandiwara. Bahkan dengan berani cinta mereka ikut di publikasikan oleh para wartawan, tapi cinta mereka menghancurkan perbedaan status sosial. Komunikasi antar pribadi keduanya pun akhirnya bisa tersambung lagi.

Marisa Ventura dengan Veronica Ventura

Veronica Ventura adalah ibunda dari Marisa, mereka memiliki komunikasi antar pribadi. Terlihat dari komunikasi di antara mereka, saling mendukung dan memberi perhatian kepada Ty. Hubungan diantara mereka sempat bermasalah ketika Veronica marah-marah atas hubungan Marisa dengan calon senator itu, veronica tidak berempati dengan Marisa.

» Hubungan Kelompok


Keempat sahabat saat bersantai dengan guyonan

Dalam Film Maid in Manhattan komunikasi kelompok juga bisa dilihat dari beberapa pelayan yang bekerja dihotel tempat Marisa bekerja, Marisa memiliki 3 orang teman yang peduli dengan sesama sahabat, bahkan salah satu teman Marisa mendaftarkan Marisa untuk menjadi calon Manager di hotel tersebut, tanpa persetujuan Marisa, karna ia merasa Marisa pantas untuk posisi tersebut. Diantara kesibukan untuk bekerja ke empat orang yang bersahabat tersebut beberapa kali bergoship, bercanda dan saling mendukung. Komunikasi ini terjadi karena ada kesamaan di antara mereka, yakni sama-sama pekerja di hotel yang sama.


BAB V

OPINI TENTANG KESELURUHAN ISI FILM

Film Maid in Manhattan adalah film drama yang sangat romantis, bisa di bilang film ini ibarat Cinderella abad 21, film ini mengajarkan banyak hal, tentang komunikasi antar pribadi & kelompok, bagai mana kita memposisikan diri saat berbicara dengan komunikan, mengenal komunikan kemudian memilih tata bahasa yang tepat untuk dipakai.

Meminta maaf adalah hal yang tidak mudah, apalagi kalo di lakukan oleh orang lebih dewasa kepada orang yang lebih muda, tetapi Marisa Ventura adalah contoh yang layak di teladani, ketika ia meminta maaf kepada anaknya Ty atas statusnya yang single parent yang tidak bisa selalu memberi kebahagiaan lebih terutama masalah waktu yang kurang untuk memperhatikannya.

Film ini juga sebagai salah satu pelopor bahwa cinta tidak mengenal perbedaan status sosial bahkan status sebagai single perent, karna sebelum kita mengenal seseorang tidak pantas untuk menilai secara luarnya saja, tanpa mengetahui pemikiran, cara pandang, kekayaan hati, dan perilaku sesorang.

Kekompakan pertemanan dan saling perhatian, saling mendukung diantara sesama teman dapat terlihat jelas.

Ada beberapa dari kehidupan para orang yang memiliki status sosial tinggi yang terlihat sempurna tetapi dalam film ini diceritakan kalau mereka juga memiliki kekurangan atau ada dari bagian hidupnya yang kurang lengkap. Ini menunjukkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Pekerjaan apapun yang diprofesikan seseorang (selama masih halal) patut di hargai.

Harus selalu optimis dan bersemangat karena kalaupun pernah gagal masih ada kesempaatan kedua.

Secara pemilihan tokoh yang diperankan oleh aktor dan aktris adalah pemilihan yang pas, semua adegan terlihat alami, settingan film juga terlihat natural sesuai dengan naskah. Jalan cerita yang menarik dan berakhir bahagia adalah salah satu pendukung suksesnya film ini.


Kategori untuk mempersepsikan hubungan yang terjadi dalam film tersebut adalah:

Aksentusi Perseptual : melihat apa yang kita harapkan dan inginkan. Kita melihat seseorang yg kita sukai sebagai lebih tampan dan lebih pandai ketimbang orang yg tdk kita sukai.

Primasi-resensi : adanya pengaruh dari urutan informasi yang diberikan; apabila urutan pertama informasi dinilai lebih kuat pengaruhnya maka dinamakan efek primasi, dan apabila urutan terakhir lebih maka dinamakan efek resensi. kuat pengaruhnya

Konsistensi : menggambarkan kebutuhan seseorang untuk memelihara keseimbangan di antara sikap-sikapnya