Senin, 16 Agustus 2010

Pariban

Di Indonesia kata pariban sering kali kita dengar. kata pariban semakin popular oleh sebuah sinetron dengan judul ‘Pariban Dari Bandung’. Pariban adalah sebuah kata yang berasal dari sumatera utara yakni bahasa yang diciptakan oleh nenek moyang suku batak.
Meski kata ini sudah memasyarakat namun banyak orang yang tidak mengerti arti kata tersebut, beberapa diantara mereka mengartikannya salah atau kurang tepat. Ada dari beberapa orang yang mengartikan kata pariban ini sebagai tunangan atau jodoh. Bahkan beberapa waktu yang lalu ada FTV di SCTV yang di bintangi oleh Jesica Iskandar, mengangkat tema Pariban mengambil settting film di Bengkulu. Agak aneh memang, selain setting Film yang kurang tepat, pesan yang terkandung di dalam film tentang arti pariban tersebut kurang tepat. Film tersebut di putar dalam skala nasional yang pada akhirnya akan membuat orang yang menontonnya akan salah mengartikan. Seharusnya film yang bertema kedaerahan harusnya mendapat bimbingan dari pengetua adat atau orang yang benar-benar mengerti adat yang bersangkutan. Selain menghibur Film juga bisa bertujuan untuk melestarikan budaya nasional.
Pengertian dari pariban adalah saudara sepupu yang berbeda marga, dan secara adat istiadat diperbolehkan untuk menikah. Antara perempuan dan laki-laki ada perbedaan. Untuk Laki-laki yang menjadi paribannya adalah putri dari saudara laki-laki ibu. Untuk perempuan yang menjadi paribannya adalah putra dari saudari perempuan ayah. Pada jaman dahulu kala di dalam suku batak sesama pariban banyak yang dijodohkan oleh orang tua mereka. Seiring dengan perkembangan zaman dalam suku batak juga mengalami kelunturan tradisi perjodohan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar